Minggu, 05 Maret 2017

Visi, Misi, Motto, Tata Nilai, dan Indikator Keberhasilan


Visi :
Kecamatan Rumbia yang Tanggap dan Mandiri Sehat Tahun 2022
(Penjelasan Visi : pada tahun 2022 masyarakat Kec. Rumbia memiliki pengetahuan yang baik tentang kesehatan sehingga cepat dapat mengetahui dan menyadari masalah-masalah kesehatannya serta mempunyai kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat)

Misi :  
  1.  Tumbuh kembangnya potensi masyarakat Kec. Rumbia dalam upaya kesehatan.
  2. Terjaminnya akses pelayanan kesehatan yang bermutu bagi masyarakat Kec. Rumbia.
  3. Menurunnya risiko penularan penyakit-penyakit menular berbahaya bagi masyarakat Kec. Rumbia.
  4. Meningkatnya pengelolaan sumber daya Puskesmas Rumbia.   
Motto :
SEHATI dalam Melayani

Tata Nilai/Norma :
SEHATI

Penjelasan Tata Nilai/Norma :
  • S (Santun dalam bertutur kata & bersikap)
  • E (Empati dalam melayani masyarakat)
  • H (Handal dalam memberikan pelayanan)
  • A (Adil dalam memberikan pelayanan)
  • T (Tanggap dalam pelayanan & terhadap masalah kesehatan masyarakat)
  • I (Inovatif menyikapi masalah kesehatan masyarakat)
 Penjelasan Rinci Tata Nilai/Norma :
  •  S (Santun dalam bertutur kata & bersikap), meliputi :
  1. Tutur kata, sikap, dan perilaku yang ramah terhadap orang lain.
  2. Senyum, sapa, dan salam terhadap individu/keluarga/masyarakat yang dilayani dan terhadap rekan kerja.
  3. Menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja.
  4. Menghargai pendapat orang lain walaupun berbeda pendapat.
  5. Taat terhadap aturan yang berlaku.
  • E (Empati dalam melayani masyarakat, yaitu memberikan perhatian yang tulus & bersifat individual kepada masyarakat yang dilayani dengan berusaha memahami keinginannya), meliputi :
  1. Kesabaran & perhatian petugas dalam memberikan pelayanan.
  2. Kemampuan mengingat keluhan/masalah pasien sebelumnya.
  3. Memberi kesempatan bertanya.
  4. Memberikan jawaban yang jelas & dapat dimengerti pasien.
  • H (Handal dalam memberikan pelayanan, yaitu memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat & terpercaya), meliputi :
  1. Pelayanan tepat waktu.
  2. Memberikan pelayanan dengan cekatan & teliti.
  3. Menangani keluhan pasien dengan tepat.
  4. Tersedia fasilitas yang dibutuhkan.
  • A (Adil dalam memberikan pelayanan, yaitu suatu sikap yang tidak memihak atau menempatkan sesuatu pada porsinya), meliputi :
  1. Memberikan pelayanan sesuai yang diutuhkan dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki.
  2. Tidak membedakan pasien/masyarakat yang dilayani berdasarkan status sosial dan/atau ekonomi.
  • T (Tanggap dalam pelayanan & terhadap masalah kesehatan masyarakat, yaitu kemauan untuk membantu & memberikan pelayanan yang cepat & tepat), meliputi :
  1. Kecepatan & ketepatan dalam pelayanan.
  2. Pemberian informasi yang lengkap & dimengerti.
  3. Kesediaan petugas menanggapi keluhan dengan cepat.
  4. Membangun sistem kewaspadaan dini terhadap sesuatu yang berpotensi terjadinya gangguan kesehatan.
  • I (Inovatif menyikapi masalah kesehatan masyarakat, yaitu mencurahkan segala kemampuan diri dalam berfikir untuk menciptakan sesuatu yang baru bagi kesehatan masyarakat & lingkangan), meliputi :
  1. Memiliki elastisitas yang tinggi, yaitu berfikir secara luas terhadap masalah kesehatan masyarakat dengan batasan norma & agama.
  2. Memiliki produktivitas yang tinggi, yaitu dapat menciptakan sesuatu yang baru tanpa henti dalam penyelenggaraan upaya kesehatan tetapi tetap dalam batasan norma & agama.
  3. Memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap masalah kesehatan masyarakat & lingkungannya.
  4. Memiliki originalitas yang tinggi dengan tidak mencuri atau mengakui kreatifitas orang lain dan hasil karya benar-benar baru dari hasil pemikiran.
Indikator Keberhasilan :
  1. Terbentuknya organisasi kemasyarakatan yang bergerak dalam upaya kesehatan dengan anggota tersebar di seluruh wilayah kerja, minimal 2 orang  di setiap dusun/RW.
  2. Integrasi upaya kesehatan  promotif, preventif dan pelayanan kesehatan sederhana ke dalam setiap UKBM (Poskesdes, Polindes, Posyandu).
  3.  Lebih dari 75% keluarga berkiprah dalam  upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit-penyakit menular berbahaya.
  4. Terlaksananya upaya kesehatan Puskesmas Rumbia yang bermutu dan berkesinambungan.
  5. Meningkatnya kemampuan tekhnis manajemen Puskesmas Rumbia.  


3 komentar:

  1. Alhamdulillah, selamat pkm Rumbia, smg lebih exis dan maju terus, amin
    by https://nutrisioniskeren.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Selamat pd pkm Rumbia smg kebih exis inovatif dn berkembang terus Aamiin

    BalasHapus